Kamis, 22 Desember 2011

TAKOYAKI ALA AKU






Sebenarnya ini mungkin enggak pantes di sebut Takoyaki karena beda banget, ala Aku ajah ...cetakan juga seadanya .....hehehe.....
Dulu Takoyaki yang asli makanan favoritku waktu aku masih tinggal di Ishikawa Jepang selama 2 tahun, hampir tiap hari aku membelinya buat cemilan malem hari setelah pulang kerja....
Setelah di negeri sendiri lama banget enggak kesampaian makan, sampe akhirnya kesampaian juga makan di sebuah mall...
Ternyata anak dan suamiku sangat suka juga dan jadi sering beli, akhirnya kuputuskan bikin ala aku aja...hihihi...mungkin agak aneh tapi lumayanlah buat ngemil sore hari....
ni dia step-step yang kubuat...

























TAKOYAKI ala Aku


Bahan :


150 tepung terigu

1 sdt baking powder double acting

1 butir telur

350 ml air

½ sdt garam

Isian:


2 batang sosis, potong kotak kecil kira2 aja (bisa pake tuna kaleng, keju ato apa aja selera)

1 batang daun bawang cincang halus

½ bawang Bombay cincang halus

50 gr sayuran (kol, wortel, cincang halus)


Saus:

saus sambal delmonte (sachet kalo aku)

mayonnaise (kalo aku pake merk maestro)

Cara:

1. Campur tepung terigu, baking powder, air , telur, garam kocok pake mikser 3 menit aja (atau kocok sampai tercampur rata aja

2. Panaskan cetakan pake api kecil, beri minyak tiap lubang ½ sdt , tuang adonan ¾ batas, taburi daun bawang dan Bombay yang sudah dicincang halus, Kemudian masukan sayuran cincangnya. Terakhir masukan sosis.

3. Sesudah berkulit balik setengah terus tambahkan adonan sampai membentuk bola dan matang kecoklatan Lakukan sampai adonan habis. Cara sama seperti kalo bikin poppercis.

4. Penyajian: Tata tako, oles mayones agak banyak, beri saos sambal, Nikmati hangat-hangat .

Hasil : 19 biji

Kalo gak punya panggangan takoyaki, bisa pake panggangan kue lumpur yang mini seperti aku


By Raddin’s cake and Cookies


0 komentar:

Posting Komentar